Korean Chingu

Like Korea Love Indonesia

Emang banyak tapi coba baca deh, ini adalah pengakuan seseorang yang bekerja di publisher filed tentang SHINee setelah ia mewawancarai SHINee. Apakah SHINee benar-benar...

Emang banyak tapi coba baca deh, ini adalah pengakuan seseorang yang bekerja di publisher filed tentang SHINee setelah ia mewawancarai SHINee. Apakah SHINee benar-benar baik seprti yang kita lihat selama ini? Siapakah SHINee dibalik lelucon yang mereka buat? Langsung aja kita baca!

Tinggal di Korea bukan berarti bahwa hidupmu hanya berkisar pada kpop semata. Aku orang Korea, tetapi hanya sedikit orang yang tahu bahwa beberapa perbuatan yang mereka (artis Kpop) tunjukkan adalah palsu. Menyedihkan, tapi itulah kenyataannya. Di titik ini, aku bahkan menjauh dari scene Kpop dan memilih untuk mendengarkan dan mengikuti tindakan Kpop di balik layar saja.

Tetapi, bekerja di publishing filed, yang secara langsung terlibat dengan dunia Kpop, aku harus bertindak netral. Aku harus tetap mengingatkan diri sendiri untuk tidak terlalu bersikap skeptis. Tapi itu berat, saat dimana sesuatu yang tidak ingin kau lihat, kau dengar, ada di hadapan kedua matamu. Tetapi semua itu berubah hanya dalam satu hari. Itu semua karena SHINee.

Kami sangat menunggu-nunggu hari itu, karena akhirnya kami mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai grup yang sangat kami kagumi. Aku bukanlah fans berat mereka, tetapi aku menghargai mereka yang bekerja keras untuk menyelesaikan apa yang mereka dapatkan saat ini, berada di industri yang kejam dengan persaingan yang ganas.

Hari itu, kami sudah tak sabar untuk menemui SHINee. Segera setelah mengobrol dan mewawancarai Key, Onew, Taemin, dan Jonghyun, akhirnya tibalah giliran Minho.

Dia sangat tenang dan bijaksana saat seluruh pertanyaan ditanyakan kepada mereka (SHINee). Ia berbicara sesekali, dan sering tersenyum. Di lain waktu, ia hanya menunduk, dan tertawa sedikit saat Onew sedang melancarkan candaannya.

Ia melemparkan pandangan pada para member, dan tidak ada yang salah pada persaudaraan kuat yang mereka miliki. Ia akan menepuk punggung Taemin sesekali, dan meremas otot tegang Jonghyun yang keluar dari bahunya.

Sesi dilanjutkan untuk waktu 2 jam, dan di suatu saat ia bahkan pergi untuk mengambilkan minum untuk para member, bukannya menunggu staff kami untuk membawa mereka.

Jonghyun dan Taemin keluar ruangan untuk beberapa saat, dan kita memulai untuk mewawancarai Minho dengan pertanyaan pertama.

“Minho dikenal sebagai orang yang sangat kompetitif. Beberapa orang bilang, itu sangat mengganggu, melihat coretan itu dalam dirimu karena kamu masih sangat muda, dan seharusnya kamu menikmati hidupmu, atau jangan menganggap sesuatu dengan terlalu serius. Apa yang harus kamu katakan untuk menanggapi itu?”

Dia sempat kelihangan pemikiran untuk beberapa saat sebelum akhirnya dengan tenang menjawab.

“Saat aku masih kecil, aku ingin sekali menjadi pemain sepakbola profesional. Aku sangat mencintai olah raga, dimana aku aku mempelajari semua tentang sepakbola, dan mengikuti semua pertandingan bola yang ada. Dahakuku untuk menang tidak terpuaskan, bahwa aku sangat mengkhawatirkan keluargaku. Suatu hari, ayahku berkata bahwa ia menentangku untuk mengejar satu hal yang saat itu benar-benar aku sukai dan kuinginkan. Ia tidak ingin aku menjadi pemain sepakbola. Ia berkata bahwa bekerja di bidang olahraga sangatlah berat, ia tahu itu karena ia sendiri adalah seorang pelatih klub sepakbola. Aku sangat bingung dan tak tahu apa yang harus kulakukan. Dan ketika aku tersadar aku memutuskan untuk tidak pernah menyerah dalam hal apapun. Jika aku melakukan sesuatu, aku melakukannya dengan sepenuh hati. Bahkan jika orang-orang terus berkata bahwa itu tidak mungkin, aku tidak pernah mau memercayai mereka, dan malah percaya pada apa yang aku yakini. Perjuangkanlah sesuatu seakan-akan itulah perjuangan terakhirmu.. seakan-akan tak ada lagi kesempatan untuk melakukannya nanti. Itulah yang menggerakkan sifat kompetitifku. Bila aku kalah, aku akan sangat kecewa pada diriku sendiri, dan terus menyalahkan diri atas kekalahan itu. Aku terus berkata pada diri sendiri untuk melakukannya dengan lebih baik di waktu mendatang.”

Saat itu, Onew selalu sepakat dengan apa yang minho katakan. Kami terkejut saat Onew menambahkan:

“Minho melakukan apa yang ia lakukan dengan sungguh-sungguh, melakukan dengan kemampuan terbaiknya, seperti tidak ada hari esok. Menjadi seperti itu saat perform, maupun olahraga. Bahkan sebagai leader, aku tidak bisa melakukannya.”

“Kamu terlihat paling pendiam diantara para member. Apakah ada alasannya?”

“Aku adalah bungsu di keluargaku. Aku dibesarkan untuk mendengarkan, lalu berbicara. Bukannya berbicara, lalu mendengarkan. Maksudnya, aku dididik oleh ibuku untuk menjadi pengamat dan pendengar. Karena kakakku adalah anak laki-laki pertama selama 30 tahun di garis keluarga ayah (berarti sebelumnya perempuaaaan semua ??), dia yang menjadi pusat perhatian, sedangkan aku menikmati untuk berada di sisinya, berteman baik dengannya di tengah situasi yang menghimpitku, untuk selalu ada saat ayah dan ibuku membutuhkanku. Walaupun aku tidak melakukannya dengan baik sebagai anak mereka. Maka dari itu, aku sering menjadi pendiam. Aku lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.

Lalu Key berkata:

“Jika ia sedang berisik, ia akan sangaaaat berisik”, yang langsung membuat satu ruangan tertawa.

Kami mendapati Minho tertawa kecil dan malu-malu. Sesi wawancara berlangsung sekitar 30 menit. Tapi saat itu ia terlihat sangat nyaman dan bisa berbicara dengan lebih bebas.”Apa nama fansclub untuk SHINee? Apakah arti fans bagimu?”

[tersenyum lebar sebelum melanjutkan]

“SHINee World, atau disingkat menjadi SHAWOL. Dimana aku berada sekarang, disitulah kami berada. Sangatlah tidak mungkin tanpa cinta dan dukungan dari fans kami. Kami mengunjungi SM Youtube channel kadang-kadang. Dan kami sangat sangat terkejut melihat kehangatan, komentar2 yang mendorong yang mereka berikan atas video kami. Aku berharap aku dapat lebih memahami bahasa Inggris. Aku ingin memahami apa yang sedang mereka bicarakan. Kami bekerja untuk album ini selama 9 bulan. Tidak tidur semalaman untuk memilih lagu, menulis lirik, berlatih menyanyi, merekam lagu, latihan menari, mendiskusikan konsep, dll.. semua itu untuk fans kami. Kami sangat senang, akhirnya kami bisa melakukan apa yang paling kami cintai, yaitu menghibur.”

“Beribu-ribu maaf dengan lutut terbungkuk karena aku tidak bisa tampil di panggung bersama dengan para member. Kami baru saja menyelesaikan syuting MV dan tinggal menunggu waktu untuk comeback, saat kecelakaan itu terjadi. Ototku yang sobek membutuhkan waktu yang lama untuk bisa pulih, tetapi sekarang aku mengonsumsi obat yang membantuku agar bisa cepat kembali perform di panggung. Aku masih merasa kesakitan, tetapi akan menahannya demi fans kami. Mohon maaf atas kecerobohanku. SHINee World adalah dunia kami. Dunia kami dikelilingi oleh mereka. Kami sangat menghargai cinta kalian. Jika aku bisa membungkukkan badan pada kalian satu per satu, aku akan melakukannya. ‘Terima kasih’ tidaklah cukup, tapi aku mohon, ketahuilah dengan hatimu bahwa kami sangat meghargai kalian semua. Untuk iku, aku sangat BERTERIMA KASIH, KAMI BERTERIMA KASIH.”

Saat sesi berakhir, kami menyadari bahwa anak-anak yang bersinar itu sangatlah spesial. Minho adalah pembicara yang baik. Kami tidak pernah menyangka itu darinya. Dia sangatlah rendah hati dan down to earth. Saat ia meninggalkan ruangan, ke-4 member menunggu dengan gelisah sampai ia kembali.

Taemin memilihkan makanan dalam nampan dan meletakkannya dalam piring.“Ini untuk Minho Hyung”.

Key terus mengganggu Taemin. “Minho tidak suka yang ini. Ayo ambil Kimbab rolls lagi untuk dia. Dia suka itu.” ~umma yang baik~

SHINee won’t be SHINee without Choi Min Ho.

SHINee won’t be SHINee without Key, Onew, Jonghyun and Taemin.

They complete each other up.


Sebelum hari berakhir, aku menyadari bahwa aku sangat bangga pada laki-laki muda itu yang bekerja keras atas apa yang harus mereka kerjakan saat itu. Bertahan di dunia Kpop sangatlah berat, dan aku harap mereka akan tetap berendah hati dan bertahan pada jalan mereka berada. Untuk tetap menjejakkan kaki mereka di tanah dan tidak melupakan akarnya.Hari itu, aku menyadari bahwa aku juga ingin menjadi SHAWOL. Aku menyadari bahwa Kpop tidaklah seburuk itu. Terima kasih Minho dan SHINee. Sekarang aku lebih memiliki keyakinan akan Kpop.

Credit: SHINeendonesia

Source: SHINee’s ETN -C&D interview July 2010 + shineee.net

Source Finder: anh. ☆indo

trans: flameshine@shineendonesiashared to UnlocKey-Indonesia by-KeyHolic- (KeysIsMine@shineendonesia)

  • SHINee 4ever

    August 29, 2010 #1 Author

    Wah….
    Minho bner2 bijak…
    Tmbh suka SHINee……..
    Love SHINee 4ever ^_^

    Reply

  • Ola

    August 29, 2010 #2 Author

    Huhuhu,,,terharu bacanya,,,

    tambah cinta sama shinee,,,
    apalagi minho,,,bangganya aku jadi shawol,,,lalallala,,,

    gomawo chingu infonya,,,

    Reply

  • flawhiteuk

    August 30, 2010 #3 Author

    Minho T_T
    kau membuatku menitikkan air mata T_T
    SHINee Daebak!!! SHINee Hwaiting!!

    Reply

  • nandda

    September 1, 2010 #4 Author

    thanks bgt , ud ng.post yg satu in !!

    trharu ak !!

    Reply

  • cho_hyunji

    September 13, 2010 #5 Author

    SHINee memang Daebak

    selalu ada alasan buat suka ke setiap membernya, dan sekarang Minho,,.

    Reply

  • NisaaShawol15

    September 13, 2010 #6 Author

    Bca artikel nii, Q jd mkin syang ma SHINee. . .
    Pzti Q bkal betah bgt lok sma mrka. . .
    Saranghaeyo SHINee! ! !

    Reply

  • flamegreeny

    September 14, 2010 #7 Author

    SHINee the best!!! SHINeever!! love them!!! Apalagi minhoo…

    Reply

  • millashinee

    September 17, 2010 #8 Author

    oke..

    aku makin suka ma shinee..

    perfect!

    Reply

  • ririn

    October 31, 2010 #9 Author

    huaa,, bangganya jadi SHAWOL . .

    Reply

  • Endah shawol 4ever

    November 3, 2010 #10 Author

    minho sangat sabgat bijak..
    aku cinta SHINee..
    maju trus SHINee..
    I LOVE SHINee..
    4ever

    Reply

  • rifa aulia arthamevia

    November 11, 2010 #11 Author

    ewe

    Reply

  • Vivid

    December 9, 2010 #12 Author

    ^ ^

    Reply

  • dina

    December 23, 2010 #13 Author

    gue nangiiis… gila gue tau mereka pasti bekerja keras, tapi gue gatau kalo sekeras itu.. padahal mereka masih muda, tapi mereka udah menelurkan sesuatu.. jadi maluu sama diri gue yang maunya langsung beres.. aaah Onew, Jonghyun, Key, Minho, Taemin! lo udah menginspirasi gue!! gue harus bekerja lebih keras dalam menghadapi hidup dan mengerti fisika.. juga matematik! hahaha gue ga nyesel jadi fans kalian… bekerjalah lebih keras kawaan!! dan tetaplah jadi shining SHINee!!

    Reply

  • indah

    January 5, 2011 #14 Author

    Aku bisa merasakan kebaikan hati Minho dari sini…. Semoga suatu saat kami bisa bertemu, dan aku selalu bermimpi dapat mengucapkan “HALLO” pada member-member SHINee…

    Reply

  • icaqe

    February 20, 2011 #15 Author

    makin suka SHINee <3<#

    Reply

  • za

    March 7, 2011 #16 Author

    hai aku suka

    Reply

  • swidiyanti

    March 18, 2011 #17 Author

    SHINeeee……
    terharu bacanya….
    makin tergila-gila ma si Shinee…

    Reply

  • Chika

    April 25, 2011 #18 Author

    Huwaaaaaaaaaaaaaaa T.T

    Pingin nagis ,, T.T
    memank udh nangis sich -,-
    terharuuu bangett ………. >w///<

    Reply

  • yuMiRu cHain

    April 27, 2011 #19 Author

    adh kenapa sih shinee imuet”semua ap lagi si MINHO…………^^

    Reply

  • mia

    May 3, 2011 #20 Author

    wow!
    I love Minho…

    Reply

  • aprieanti key shinee

    May 6, 2011 #21 Author

    wah….q sneng bs tw ttg rhasia shinee,trXta mrk beda dr boysband yg q ska dulu,mrk msh muda,tp bs sling mnghargai…..
    mju terus shinee….
    knp g dr dulu q knl kalian????? (menyesal)….

    Reply

  • eva

    June 25, 2011 #22 Author

    makin cinta sm shinee ,,, sukses trs deh.
    love yuu wath minho.

    Reply

  • Shawolelf

    June 26, 2011 #23 Author

    Aduhhhh,,,aku makin suka dehhh sma shinee…
    SHINEE WORLD akan selalu mendukung kalian,,,,
    minho,ke,onew,taemin,jonghun saranghae,,,jadilah seperti apa yang di inginkan SHAWOL….

    Reply

  • Putri

    February 27, 2012 #24 Author

    I loVe SHINee
    SHINee is the best..

    SHAWOL로 나는 자랑 스럽구나

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *