Korean Chingu

Like Korea Love Indonesia

Liat gambar di atas pasti ga asing lagi kan?? Ya karena sering banget mucul di drama Korea. Ini dinamakan Pojangmacha atau street food stalls...

Liat gambar di atas pasti ga asing lagi kan?? Ya karena sering banget mucul di drama Korea. Ini dinamakan Pojangmacha atau street food stalls atau bahasa kerennya pedagang kaki lima wkwkwkwk…

Banyak Pojangmacha di sepanjang jalan di kota Seoul. Beberapa pojangmacha membangun tenda permanen, dan ada beberapa yang menggunakan  mobil terbuka. Selama musim dingin, pedagang pojangmacha menutup tempat dagangannya dengan tenda plastik. Biasanya yang dijual adalah kimbap mini, twigim (sayuran, udang, cumi-cumi, dll goreng tepung, semua serba goreng tepung, bahkan telur rebus goreng tepung.)

Nah, sekarang kita cari tau apa aja sih jajanan kaki lima di Korea ^^

1.Kimbab

Kalo ini pastinya kalian udah tau kan karena emang pasti ada di setiap drama2 Korea. Kimbab ini bisa dibilang sushinya Korea. Kimbab ini terdiri atas wortel, timun, bayam, sosis dan telur dadar yang ditaruh di tengah-tengah nasi.

2. Tteokbokki

Ini adalah snack populer di Korea apalagi di pinggiran jalan di pasar Namdaemun. Tteokbokki adalah kue beras yang diiris dan direbus dalam sauce pedas, asam. Biasanya sausnya dari pasta cabai, tepung cabai, dan sirup. Dapat dimakan begitu saja atau dicampur dengan twigim, telur rebus, goon mandu (pangsit) dan odeng (fish cake, kaya otak-otak mungkin). Harganya KRW 4000 atau sekitar Rp 40 ribu. (hmmmm…. berat juga dikantong ^^)

3. Odeng

Tau kan makanan ini??? Yang dimakan sama Gu jun Pyo sampe bertusuk2 itu lho ^^ Pasti kalian berfikir kalo ini terbuat dari usus kan?? Bukan chingu emang bentuknya mirip tapi Odeng ini terbuat dari fish cakes (ikan) yang direbus, dan aslinya dari Jepang. Odeng ini juga ditemani sup yang terbuat dari lobak dan kaldu ikan teri dan merica. Biasanya dihidangkan di mangkuk kertas dan Enak dimakan kalau cuaca dingin.

Harganya sekitar 1000 – 2000 Won per pcs. Murah menurut ukuran orang Korea.

4. Jajangmyeon
Mie saus goreng, aslinya dari Cina tapi kalau gaya Korea, bawangnya banyak, kentangnya juga banyak. Harganya KRW 4500 atau sekitar Rp 45 ribu.

5. Sundae (bukan ice cream and ngga halal, maaf..)
Ini adalah usus dengan berbagai macam isi. Paling umum adalah (maaf) mie dan darah babi. Juga dikenal dengan sosis darah. Harganya KRW 2000 atau sekitar Rp 20 ribu.

6. Sosis dan fish cake sausages. Ada yang ditaburi wijen ada yang tidak.

7. Chicken nugget goreng dengan saus manis pedas dan ditaburi wijen. Yang dibelakang adalah goon mandu goreng, yaitu pangsit Korea isi daging babi cincang, soun, dan bawang.

8. Dakkochi itu yang kaya sate ayam tanpa kulit dimakan dengan sayuran, sausnya manis dan spicy. Ya mungkin kaya sate ayam tumis ^^

Chingu mau nyoba yang mana?

Cre: yeppopo

  • Ola

    September 23, 2010 #1 Author

    Mau kimbab n odeng…hehehe

    Reply

  • shawol_ray

    February 18, 2012 #2 Author

    berhubung aq blm prnah coba odeng n dakkochi , itu bleh jg d’coba..hehehehe

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *