Korean Chingu

Like Korea Love Indonesia

Kimchi, asinan sayur berbahan sawi putih bercitarasa khas Korea ini sudah mendunia. Rasanya belum sempurna kunjungan ke Korea jika melewatkan mencicipi seni kuliner yang...

Kimchi, asinan sayur berbahan sawi putih bercitarasa khas Korea ini sudah mendunia. Rasanya belum sempurna kunjungan ke Korea jika melewatkan mencicipi seni kuliner yang sohor ini. Bahkan, jika Anda sudah bangga telah menyantap bulgolgi (kuliner Korea berbahan dasar daging yang ditumis manis) tak ada artinya jika belum menyentuh kimchi.
Sekilas rasa kimchi yang asam, asin, dan pedas mirip dengan asinan sayur Bogor. Bedanya, di tempat aslinya, kimchi bisa begitu asam, begitu pedas, sekaligus asin. Paduan rasa yang luar biasa untuk dilupakan begitu saja. Lantaran sudah begitu kondangnya, kimchi kini mudah di temui di seluruh Korea karena dikemas sebagai makanan siap santap.

Bahan-Bahan :
1 buah sawi putih
1/2 buah bawang bombay, iris tipis
1/4 btg wortel, iris tipis memanjang
1/4 btg lobak putih, iris tipis
4 btg daun bawang.
2 sdm bawang putih, parut
1 sdt jahe, parut
1/2 gelas bubuk cabe Korea
2 sdt garam
1 sdm gula
1/2 gelas garam kasar/garam laut
1 gelas air cup water
1/4 gelas saus ikan Korea
1/3 gelas air
1 sdm tepung

Cara Mengolah :

1. Belah sawi putih menjadi 4 bagian, cuci dan tiriskan. Potong daun bawang menjadi irisan kecil-kecil.
2. Campur 1/2 gelas garam kasar dan 1 gelas air. Masukkan sawi putih ke dalam campuran air garam dan rendam 6-8 jam atau semalam. Cuci dan keringkan.
3. Masukkan 1/3 gelas air dan 1 sdm tepung ke dalam panci di atas api sedang, aduh rata hingga mendidih lalu matikan apinya. Diamkan.
4. Setelah campuran tepung dan air dingin, masukkan bubuk cabe Korea, garam, gula, saus ikan Korea, bawang putih parut dan jahe. Aduk rata lalu masukkan semua sayuran yg tersisa (daun bawang, lobak, wortel).
5. Ambil satu bagian sawi putih lalu isi dengan campuran di atas. Usahakan agar sawi dapat dilipat dua lalu bungkus dengan bagian daunnya.
6. Letakkan di dalam wadah kedap udara dan biarkan semalaman lalu simpan dalam kulkas selama 2-3 hari.
7. Hidangkan dengan nasi.

cr : Fibby+koreanakitaku

reshare by flawhiteuk@koreanchingu


  • jungsungyoungkyu

    January 2, 2011 #1 Author

    Hore….
    Aq mw bljr msak mskan k0rea.

    Pling g’ aq hruz tw, n chingu bnxkin resep2 mskan k0reanx yach…

    Gomaw0….

    Reply

  • my invisible leaders

    January 3, 2011 #3 Author

    Bru aja makan kimchi.enak bgt.hahaha

    Reply

  • holie

    April 16, 2011 #4 Author

    pengen banged buatnya,,
    chinguu,
    beli bubuk cabe korea ma saus ikan korea dmn ya??

    huhuu

    Reply

  • heni anggraeni

    May 6, 2011 #5 Author

    slm knl sblmnya.sy heni mo ngucapin mksh krna d sn sy dpt tmukan rsep kim chi.

    Reply

  • enda

    May 9, 2011 #6 Author

    saus ikan koreanya bs diganti gk ya?

    Reply

  • nicky andreaz

    July 3, 2011 #7 Author

    enak gan
    kemarin barusan gw buat di rumah
    asin2 pedas plus seger rasanya
    karena ga da bubuk cabe gw pake cabe kering
    karena ga da saus ikan jadi gw ga pake (lagipula itu sebenarnya optional kan)

    Reply

  • Galih

    July 30, 2011 #8 Author

    anakmuslim.blogspot.com

    Reply

  • rachmat

    August 2, 2011 #9 Author

    nyari saos ikan dmn?

    Reply

  • Lies CaHya

    August 4, 2011 #10 Author

    beli bubuk cabe korea ma saus ikan korea_nya dipasar ada gag yaaaaaaaaaaaaaaa
    jauh kali di korea xixxixixixix

    Reply

  • maia

    August 9, 2011 #11 Author

    enak.pertama x q nyoba kimchi drestoran Taiwan…wahhh sueger puolll…

    Reply

  • grace

    August 11, 2011 #12 Author

    kalo mau beli bahan2 masakan korea dmn y ?

    Reply

    • dianadriana

      November 11, 2011 #13 Author

      Saus ikan korea ada di lotte mart kok. Murah juga 10rban #bknkomenberbayar#
      Hehehee 🙂

      Reply

  • tripl3s

    August 13, 2011 #14 Author

    waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahh,.. makasih banyak chingu udah post resep kimchi.. aku mau nyobaiin

    Reply

  • K-POPERS forever

    August 15, 2011 #15 Author

    hmm misalnya bubuk cabe’a bukan bubuk cabe korea apa gpp??jd pke bubuk cbe biasa gtu??trus lau gk pke saus ikan korea masih ttp enk gk ya???

    Reply

  • K-POPERS forever

    August 15, 2011 #16 Author

    hmm misalnya bubuk cabe’a bukan bubuk cabe korea apa gpp??jd pke bubuk cbe biasa gtu??trus lau gk pke saus ikan korea masih ttp enk gk ya???

    Reply

  • chokyuminho

    August 28, 2011 #17 Author

    ching, ini tepungnya pake tepung apaan?

    Reply

  • Megha woo

    August 31, 2011 #18 Author

    Mkin tepung maizena x ya.. Ya kreatifan sndri aj ga pa2 kali ya..hehe bubuk cabe indo ma saus ikan biasa..jdnya kimci indonesia hahahaha ya dr pd gda seh.. Thanks chingu..

    Reply

  • OkKyu

    August 31, 2011 #19 Author

    ohhh jadi itu bubuk cabe am saus ikan boleh digantikan chingu? ahhh paling rasanya nyerempet dikit gak pa2.. hahaha

    Reply

  • Hendro

    September 2, 2011 #20 Author

    Bahan bikin kimchi byk di Lottemart. Saus ikan bisa diganti kecap ikan thailand. Karena di korea 4musim makanya cabe dibikin bubuk. Ganti pake aja cabe keriting+cabe merah biar merah nya mantep.

    Reply

  • ushanchud

    September 2, 2011 #21 Author

    hai cingu selain kimchi ada resep lain gug??

    Reply

  • kim hye ma

    September 9, 2011 #22 Author

    hmm,..i want make kimchi…:D

    Reply

  • arin selaLuw SeTya

    September 25, 2011 #23 Author

    anyeong haseyo etosi minika…………..?? like kimchi…………… like&love korean

    Reply

  • Afif Niki

    November 9, 2011 #24 Author

    utk cabai.ny itu bubuk atau pasta cabai korea (gochujang) ??

    Reply

  • shin ae jong

    November 11, 2011 #25 Author

    bahan2 nya tuh d indo ada semua kah??
    saus ikan gantinya apa ya??
    gomawo..

    Reply

  • Yuni Ismirawati

    November 12, 2011 #26 Author

    jadi pengen nyoba bikin kimchi nih……seger kayaknya….

    Reply

  • Rya Wulandari (@wo3l4n_xly)

    December 2, 2011 #27 Author

    wah, pengenn tuh, mudah ga si buatnya?? hehehe 😀

    Reply

  • nispu arsyanti

    December 5, 2011 #28 Author

    uh liatnya ja udah enak apa lagi bkin dan nyicipin sendiri waahhhh malah tambah mantap niihhh
    makasih y da ngasih resep nya

    igsughan insa ^_^

    Reply

  • ari

    December 14, 2011 #29 Author

    masakan korea mantep juga, bikin ngiler,,, tapi masakan indonesia no 1 dan fress,, kita selalu punya sayur,, kapanpun itu… indonesia nice vegetable, jadi gak perlu buat asinan sayur kimci…

    Reply

  • blair

    December 15, 2011 #30 Author

    ok deh bakal belajar buatnya..

    Reply

  • tia

    December 28, 2011 #31 Author

    Izin copas ya sista. Boleh dunk?! He
    Trim’s before.. 🙂

    Reply

  • sissi

    January 28, 2012 #33 Author

    ijin copas yaaa… thanx for the recipe 🙂 would like to try this..

    Reply

  • firas

    February 22, 2012 #34 Author

    tepung pa yg di pake min?

    Reply

  • janu

    February 23, 2012 #35 Author

    pngeeeeeeen buat……. he he he

    Reply

  • suyatina

    April 15, 2012 #36 Author

    saya jadi lapar nih!ingat kimchi…

    Reply

  • mona

    April 23, 2012 #37 Author

    untk resep kimchi kn ada saus ikan korea bila di ganti pke saori saus tiram gimana? engga skt perut kn?

    Reply

  • Liea ThuBrandonizerslalu

    May 30, 2012 #38 Author

    ihh waw , sesuatu banget ..
    jadi pgen deh chingu..

    khamsahamnida

    Reply

  • thalib

    June 22, 2012 #39 Author

    pengen banget bikin… tapi di rumahku ada masalah
    buat bikin gituan 🙁

    Reply

  • Niken Utami

    June 28, 2012 #40 Author

    sip, nemu juga akhirnya.. hha

    Reply

  • lothuz nina ramajnie

    August 5, 2012 #41 Author

    Kalo saus ikan bisa ga diganti pake saus tiram??

    Eh, btw thx resep.a.. Berguna bgt buat ku..

    Reply

  • lothuz nina ramajnie

    August 5, 2012 #42 Author

    Kalo saus ikan bisa ga diganti pake saus tiram??

    Eh, btw thx resep.a.. Berguna bgt buat ku..

    Kamsahamnida chingu..

    Reply

  • Scroll Atanydnafre

    August 14, 2012 #43 Author

    namanya kimchi korea. yaa harus sama persis seperti kimchi korea, jgn berubah jd kimchi indonesia.
    Cabe bubuk korea (wajib) tidak sama dengan cabe tropis di indonesia, cabe korea tidak pedas. kalo kimchi pedas yaa bukan kimchi korea.
    kecap ikan penting untuk citarasa, kalo diganti saos tiram jadi beda, nanti ga dapet rasa kimchi yg khas.

    Reply

  • @mintorogo

    August 30, 2012 #44 Author

    Tambahkan vinegar buat rasa asamnya, pasti lebih tooop.
    Salam

    Reply

  • Resep Makanan

    December 23, 2012 #45 Author

    Ooh, jadi ini yang namanya Kimchi? Berbahan dasar sawi putih saja ya? Untuk membuat rasa manisnya bagaimana ya?

    Reply

  • ijal@igor

    January 30, 2013 #46 Author

    thank’s y resepnya … membantu banget …
    tolong resep yg lainya juga di share y … 😉

    khamsahamnida

    Reply

  • grosir baju bali murah

    February 11, 2013 #47 Author

    enak banget rasanya bisa aku coba dirumah ah mikmatnya

    Reply

  • Pojok Manfaat

    October 23, 2013 #48 Author

    Terimakasih resep kimchinya ya. Saya coba buat sendiri di rumah. Memang perlu kesabaran sih, soalnya baru bisa dimakan setelah 3 hari he he he

    Reply

  • rorolaksmi

    February 28, 2014 #49 Author

    aku jg td nyoba tp lom tw rasanya gimana,kyknya sih seger bgt

    Reply

  • yuli

    April 4, 2014 #50 Author

    seminggu dikorea tiap makan selalu ada khmchi,ternyata itu yg buat orang korea selalu ramping n kulitnya mulus2

    Reply

  • makananoleholehkhassurabaya

    February 14, 2017 #51 Author

    hm,,, pingin nyoba, thanks ya resepnya dan salam kenal

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *