Korean Chingu

Like Korea Love Indonesia

Ironi di Balik Indahnya Sungai Han yang Membelah Kota Seoul Ironi di Balik Indahnya Sungai Han yang Membelah Kota Seoul
Dengan panjang lebih dari 650 km dan lebar hingga 2 km, Sungai Han memiliki 29 jembatan yang menghubungkan satu sisi bantaran dan sisi bantaran... Ironi di Balik Indahnya Sungai Han yang Membelah Kota Seoul

Dengan panjang lebih dari 650 km dan lebar hingga 2 km, Sungai Han memiliki 29 jembatan yang menghubungkan satu sisi bantaran dan sisi bantaran Sungai Han seberangnya. Dikutip dari Tribunnews, duapuluh satu di antaranya adalah jembatan untuk kendaraan mobil, dan delapan jembatan lainnya untuk kereta api. Sungai besar Korea Selatan ini terlihat begitu megah dan indah baik di siang hari maupun malam hari.

Turis yang berkunjung ke Sungai Han di malam hari tentunya akan terhanyut oleh keindahannya serta dekorasi apik mendukung suasana romantis seperti lampu-lampu dengan konfigurasi hati, bangku untuk pasangan yang dilengkapi bunga berbentuk hati, dan pohon-pohon yang dihiasi lampu warna-warni. Tersedia juga Ferry Cruise bagi yang ingin menikmati malam dengan menyebrangi Sungai Han. 

 
Gambar: kompas.com

 

 

 

Seperti halnya sungai lain yang akan meluap ketika curah hujan meningkat, volume air yang meningkat membuat Sungai Han juga pernah meluap.

 

Akan tetapi, di balik keelokan dan berbagai cerita tentang Sungai Han, terdapat cerita mengenai kecenderungan masyarakat Korea untuk bunuh diri di Sungai Han yang telah lama menjadi ironi. Dikutip dari Kompasiana, terdapat sekitar 196 orang yang bunuh diri di jembatan sekitar Sungai Han sepanjang tahun. Karena itu, Pemerintah Korea Selatan mencoba menyiasatinya dengan memasang banyak kamera CCTV di jembatan Sungai Han.

Berdasarkan informasi dari detik.com, lokasi favorit untuk bunuh diri adalah di Jembatan Mapo, di samping dekat Seonyudo Park. Mungkin karena arus deras dan dalam itulah sehingga orang yang frustasi memilih menceburkan diri ke Sungai Han. Dari berbagai cerita memang, siapapun yang bunuh diri dari ketinggian jembatan itu mencebur ke dasar sungai, jarang bisa diketemukan.

Usaha lain Pemerintah Korea Selatan dalam mengurangi angka bunuh diri di sungai ini adalah dengan masang sejumlah tulisan-tulisan yang sengaja ditorehkan guna mengurungkan niat bunuh diri itu. Misalnya ada tulisan ‘ingatlah bagaimana rasanya ketika kamu pertama kali jatuh cinta‘. Ada juga ada tulisan ‘apa kamu tidak rindu sedapnya rasa samgyetang?’. Samgyetang adalah menu makanan favorit Korea di musim panas.

Tapi rupanya cara-cara itu dinilai tetap tidak efektif. Akhirnya, muncul ide unik dari pemerintah untuk menghambat rencana calon pelaku bunuh diri tersebut. Ide itu adalah memasang sambungan telepon di tengah jembatan, tepat di lokasi yang biasanya dipakai calon pelaku untuk melompat dimana orang yang hendak bunuh diri diharap menggunakan telepon itu untuk berkomunikasi dan berkonsultasi dulu mengenai masalah maupun depresi yang dihadapinya.

 
Gambar: detik.com

www.koreanchingu.com

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *