Korean Chingu

Like Korea Love Indonesia

Yuk Kenali Permainan Ala Korea! Yuk Kenali Permainan Ala Korea!
Annyeong kochiez! Kali ini KC bakal share tentang permainan yang sering dilakukan oleh masyarakat Korea. Kira-kira, permainan kayak gimana sih yang jadi favorit Negeri Ginseng tersebut?... Yuk Kenali Permainan Ala Korea!

Annyeong kochiez!

Kali ini KC bakal share tentang permainan yang sering dilakukan oleh masyarakat Korea. Kira-kira, permainan kayak gimana sih yang jadi favorit Negeri Ginseng tersebut?

Langsung aja, check this out!

1. Igo

Igo, go, weiqi, atau baduk  adalah permainan papan strategis antar dua pemain, berasal dari Tiongkok sekitar 2000 SM sampai 200 SM. Permainan ini sekarang populer di Asia Timur. Pengembangan sistem untuk bermain igo melalui Internet telah meningkatkan popularitasnya di belahan dunia lain. Yang nonton Reply 1988 pasti tau permainan yang digirangi Taek ini, kan?

Di Indonesia, nama igo dan go sama-sama digunakan. Go adalah nama Inggrisnya yang berasal dari pelafalan bahasa Jepang aksara 碁 (go), walaupun di Jepang permainan ini biasa disebut 囲碁 (igo). Namanya di bahasa Tionghoa yaitu 圍棋 (trad.)/围棋 (sed.) (pinyin: wéiqí) kurang lebihnya berarti “permainan papan mengelilingi (wilayah)“. Nama kunonya adalah 弈 (pinyin: yì), dan juga terdaftar dalam Kamus Kangxi sebagai 碁. Permainan ini disebut 바둑 (baduk) di bahasa Korea.

2. Janggi

Janggi atau catur Korea merupakan permainan dari korea yang dimainkan oleh dua orang dan termasuk dalam permainan papan berstrategi sekelompok dengan catur, shogi dari Jepang, dan xiangqi dari Tiongkok.

Permainan ini menggunakan bidak-bidak, mirip dengan catur. Terdapat bidak raja, patih, gajah, kuda, benteng, dan prajurit. Bidak raja dalam catur Tiongkok hanya bisa dijalankan di empat kotak, konon sesuai dengan fungsi raja yang boleh keluar di lingkungan istana saja. Bidak gajah dijalankan di kotak empat miring. Bidak kuda, benteng, dan prajurit langkahnya hampir sama dengan catur biasa.

3.  Yut

Yut adalah Permainan keluarga yang sering dimainkan saat festival Yut-nori telah populer di Korea selama ribuan tahun. Belajar bermain permainan ini sederhana.-Anak-anak di  Korea memainkan permainan tradisional  ini antara Tahun Baru Imlek dan bulan purnama pertama Tapi Anda bisa memainkan disederhanakan yut-nori setiap saat Anda suka..

4. Chajeon nori

Chajeon nori adalah Permainan tradisional perang-perangan antara dua kelompok orang . Permainan ini biasa kalian liat di drama2 korea kerasaan!!! k k k^^

5.Ssireum

Ssireum merupakan olahraga tertua di Korea yang sudah dipraktikkan sejak zaman prasejarah.[1] Pada masa lalu, masyarakat Korea melindungi diri daripada ancaman musuh dengan mengembangkan ilmu beladiri. Ssireum bermula dari gerakan-gerakan mencengkeram dengan tangan dan lama kelamaan gerakan baru mulai diciptakan. Pda zaman Tiga Kerajaan, ssireum dimainkan untuk kompetisi dan tujuan militer. Lukisan ssireum tergambar pada Situs Makam Goguryeo (37 SM-660 M) yang dinamakan Gakjeochong (角抵塚). Bukti tertulis paling awal menyebutkan informasi tentang ssireum adalah teks Cina dari Kitab Hou Han yang menuliskan kehidupan masyarakat Korea pada masa lampau.

Olahraga ssireum semakin menyebar dengan pesat pada masa Dinasti Joseon (1394-1910). Pada saat itu, kompetisi-kompetisi ssireum diadakan secara meriah pada hari-hari raya dan festival-festival besar di musim panas dan musim gugur. Para pemenang biasanya mendapat hadiah seperti sapi atau hasil-hasil pertanian.

6. Tuho

Tuho adalah permainan tradisional Korea  yang melibatkan keterampilan melempar panah (atau dalam hal ini tongkat kasus) ke dalam toples atau vas.

7. Geunetagi

Geunetagi adalah permainan dengan ayunan, selama festival Dano pada 5 Mei menurut kalender lunar. Sebelum hari festival Dano, penduduk desa memasang ayunan pada cabang tinggi dari pohon besar, seperti zelkova atau Jujube, yang terletak dekat pintu masuk ke desa. Tali ayunan selalu sekitar 9 sampai 10 meter panjang. Pada Geunetagi, wanita yang mencapai ketinggian tertinggi oleh goyang ayunan bolak-balik menjadi pemenang permainan ini. *wahh seru ya???:D*

Shared by : SeptiDNA~~ @ koreanchingu.com ( KC ) | Credit : Wikipedia | Google

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *